Minggu, 12 Mei 2013

SURVEY DAN SERTIFIKASI

  1. Pengertian tentang kapal berdasarkan UU.No.17/2008 tentang Pelayaran : Kapal adalah kenderaan air dengan jenis tertentu yang digerakkan dengan tenaga angin, tenaga mekanik, energi lainnya, ditarik atau ditunda, termasuk kenderaan yang berdaya dukung dynamis, kenderaan dibwah permukaan air, serta alat apaung dan bangunan terapung yang tidak berpindah-pindah. (Pengertian kapal juga dapat dilihat di KUHD Psl. 309 & 310 serta Solas, 1960) 
  2. Sejarah mulai dikenalnya kapal; Kapal yang dimiliki oleh nenek moyang kita berupa rakit-rakit yang digerakkan dengan dayung penggalah yang terbuat dari kayu dan bambu, namun lambat laut nenek moyang membuat kapal dari kayu besar yang dilubangi dan alat penggeraknya dari layar. Pada tahun 1670 seorang pelaut yang bernama Amana Gappa telah berhasil menyusun Undang-Undang Pelayaran dan oleh raja bone beliau diberi gelar  "Matowa" (Kepala perdagangan yang berkedudukan di Makassar) 
  3. Pemberitahuan tentang Survey Kapal; Owner atau pemilik kapal mengajukan permohonan ke Ditkapel dengan melampirkan syarat-syarat sesuai peraturan dan perundang-undangan yang belaku guna pelaksanaan survey, syarat-syarat yang dilampirkan terhadap kapal yang di beli oleh WNI di luar negeri yaitu : Bill of sale, Delation Certificate, Protokol of delivery and Acceptance, dan Gambar kapal lengkap.
  4. Persiapan Pelaksanaan Survey; Setelah Ditkapel menyatakan bahwa permohonan dari Owner telah lengkap maka Kaditkapel akan menerbitkan surat ijin penggantian bendera dan proses survey dapt dilaksanakan oleh pejabat yang mempunyai kualifikasi yaitu Marine Inspector, Radio Inspector, Tonnage Surveyor serta Marine Surveyor. 
  5. Pengawasan Survey; Pengawasan survey dilapangan dalam hal ini digalangan kapal dilakukan oleh ketua team serta anggota team yang melaksanakan tugasnya. Apabila terjadi masalah dilapangan (digalangan) maka ketua team akan melaporkan ke Kaditkapel Cq Kasubdit masing-masing untuk memohon petunjuk lebih lanjut.
  6. Jangka waktu pelaksanaan survey; Terhadap kapal baru dan lama yang Tonnase > 500 GT yang berada di galangan dalam dan luar negeri dapt dilakukan survey berkisar 2 s/d 3 hari, jangka waktu tersebut sudah termasuk pengisisan formulir survey serta pengisian perhitungan GT dan NT kedalam Calculation Sheet (Daftar Ukur Kapal)
  7. Laporan Hasil Survey; Terhadap laporan hasil survey yang dibuat oleh petugas yang ditunjuk diserahkan kepada Kaditkapel Cq Subdit masing-masing untuk dilakukan evaluasi. Apabila hasil evaluasi masih ditemukan kekurangan maka, akan diterbitkan sertifikat sementara yang masa berlaku 3 bulan. Namun bila hasil evaluasi telah lengkap persyaratan akan diterbitkan sertifikat permanen dengan masa berlakunya 5 tahun.
Dasar Hukum Keselamatan Kapal ( PP. Nomor 51 Tahun 2002)
Pengertian Keselamatan Kapal sesuai dengan UU Nomor 17 Tahun 2008 adalah Keadaan memenuhi persyaratan material, konstruksi, bangunan, permesinan dan pelistrikan, stabilitas, tata susunan perlengkapan kapal, alat penolong dan radio , elektronika kapal, yang dibuktikan dengan sertifikat setelah dilakukan pemeriksaan dan pengujian. 
 Pengertian Kenavigasian Kapal adalah menyangkut jaminan keselamatan dan keamanan, yang dimaksud Kenavigasian kapal adalah sebagai berikut :
  1. Alur dan perlintasan
  2. Sarana bantu navigasi
  3. Salvage dan pekerjaan di bawah air
  4. Hidrografi dan Meteorologi
  5. Pemanduan
  6. Pengerukan dan Reklamasi
  7. Penanganan kerangka kapal
  8. Telekomunikasi pelayaran.
Perlengkapan Navigasi Kapal; Terhadap kapal sesuai dengan ukuran,jenis dan daerah pelayaran harus dilengkapi dengan perlengkapan navigasi dan elektronika kapal yang memenuhi syarat sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Adapun perlengkapan navigasi kapal adalah sbb:
  1. Lampu isyarat
  2. Peta dan buku navigasi
  3. Pedoman magnit
Sedangkan untuk perlengkapan navigasi elektronika kapal antara lain:
  1. Radar
  2. Pesawat pencari arah
  3. Pesawat penerima Navtex, dan penerima Faximili
  4. GPS (Global Position System)
  5. LORAN ( Long Range Navigation)